Senin, 15 Oktober 2012

PERINGATAN BAGI ANDA YANG HENDAK BERQURBAN


Oleh : Aqil Azizi




Bagi anda kaum muslimin dan muslimat yang berniat untuk berqurban, mulai tenggelam matahari hari Selasa, 16 Oktober 2012, tahanlah diri anda dari memotong rambut (rambut kepala, kumis, bulu ketiak dll) dan kuku anda hingga binatang qurban anda disembelih. Karena 1 Dzulhijjah 1433H telah masuk sejak tenggelamnya matahari hari Selasa, 16 Oktober 2012.

Dalilnya adalah hadits dari Ummu Salamah rådhiyallåhu ‘anhâ, bahwa Råsulullåh shållallåhu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila kalian melihat hilal bulan Dzulhijjah dan salah seorang di antara kalian hendak menyembelih, maka hendaknya dia menahan (yakni tidak memotong) rambut dan kukunya.” (HR. Muslim No. 1977)

Oleh karena itu, potonglah rambut (rambut kepala, kumis, bulu ketiak dll) dan kuku anda sebelum tenggelam matahari tanggal 16 Oktober 2012.

Imam Nawawi råhimahullåh berkata, “Maksud larangan tersebut adalah dilarang memotong kuku dengan gunting dan semacamnya, memotong rambut; baik gundul, memendekkan rambut, mencabutnya, membakarnya atau selain itu. Dan termasuk dalam hal ini, memotong bulu ketiak, kumis, kemaluan dan bulu lainnya yang ada di badan” (Syarh Muslim 13/138)

Adapun jika anda melakukannya karena lupa atau karena tidak tahu atau rambutnya rontok tanpa sengaja, maka tidak mengapa. Begitu juga jika anda melakukannya karena ada keperluan seperti kukunya pecah dan menyakitkannya, maka tidak apa-apa bagi anda memotongnya untuk menghilangkan sesuatu yang mengganggu.

Allaahua’lam bish shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar